Kamis, 16 November 2017

Tips Cara Memilih Tahu Bebas Formalin

Memilih tahu yang bebas formalin, merupakan satu hal yang harus sahabat ketahui. Karena dengan menggunakan bahan tahu yang bebas dari bahan pengawet, memasak akan lebih menyenangkan.

Banyak nya tahu yang ber pengawet di pasar, terkadang sulit dibedakan dengan yang tidak mengandung formalin.

Agar sahabat bisa memasak masakan dengan bahan tahu tanpa rasa was-was, berikut cara membedakan tahu yang mengandung formalin dan yang tidak.


 Tips Cara Memilih Tahu Yang Bebas Bahan Pengawet

1. Tekstur

Dalam proses memilih tahu yang bebas kandungan formalin atau pengawet, biasanya di lihat dari tekstur tahu itu sendiri.

Umumnya tahu dengan tekstur kenyal dan tidak hancur, mengandung bahan pengawet. Jadi dalam membeli tahu, jangan lupa pencet sana sini biar ketahuan mana yang tanpa pengawet dan mana yang alami.

2. Tingkat ketahanan

Bagi yang belum mengetahui tahu berbahan pengawet, biasanya tahu tersebut bisa tahan sampai ber hari-hari. Dan aneh nya, bentuk tahu masih terlihat sempurna tanpa adanya kerusakan.

Jika sahabat sudah terlanjur membeli jenis tahu yang awet sampai seminggu, sudah dapat dipastikan mengandung formalin atau bahan pengawet.
 Pilih tahu yang hanya bertahan sampai 3 hari, jika lebih jangan di beli dan bila sudah terlanjur, buang agar keluarga aman.

3. Warna tahu

Dari segi warna, tahu yang tidak mengandung bahan pengawet tidak terlalu putih. Berbeda dengan yang ada pengawet nya, tahu lebih putih dan bagus sekali.

Kandungan formalin mampu membuat tahu lebih putih dan bagus, sehingga sahabat bisa melihat dengan jelas.Pilih tahu yang tidak terlalu putih dan warna nya mirip kacang kedelai, karena itu ciri tahu alami.

4. Mencium bau tahu

Tahu yang alami akan terasa sekali wangi khas kacang kedelai dan jika baru selesai dibuat akan terasa hangat.Berbeda dengan tahu yang mengandung bahan pengawet, bau bahan kimia sangat terasa sekali ketika sahabat mencium nya.

4. Tanda dari lalat

Lalat adalah binatang yang memiliki indra penciuman lebih tajam dari manusia, lalt juga bisa mengetahui mana tahu yang mengandung bahan pengawet dan mana yang tidak.

Tahu alami lebih sering dikerubungi lalat, karena wangi khas kedelai. Jika tahu mengandung bahan pengawet, lalat pasti ogah datang dan menyerbu tumpukan tahu.
 Mengolah menu masakan berbahan tahu, pasti sangat menyenangkan karena harga nya murah. Namun, bila mengandung bahan pengawet, sahabat pasti berfikir seribu kali sebelum memasak nya.

Semoga tips cara memilih tahu bebas formalin, bisa bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah Singkat Tahu

Budaya-Tionghoa.Net | Tahu adalah bahan makanan yang kaya protein , lemak nabati dan kalsium dan mudah menyerap rasa dari berbagai bumbu ...